Tujuan Akuntansi Pajak

Fungsi akuntansi perpajakan adalah mengelolah data kuantitatif yang akan digunakan untuk menyajikan laporan keuangan yang memuat perhitungan perpajakan oleh sebab itu maka akuntansi harus memenuhi tujuan kualitatif. Adapun tujuan kualitatif akuntansi perpajakan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain :

  1. Relevan dengan kondisi yang ada, baik dari segi waktu ataupun fakta yang ada.
  2. Dapat dimengerti, hal ini merupakan kewajiban karena jika pembuatan akuntansi pajak tidak jelas, maka hal ini akan memperngaruhi pengambilan keputusan dalam penerapan wajib pajak.
  3. Dapat diuji keaslian, keabsahan kualitasnya.
  4. Netral, pembuatan akuntansi harus adil dan tidak memihak pada siapapun.
  5. Tepat waktu, akuntansi pajak dibutuhkan tiap tahunnya untuk mengetahui kisaran atau besarnya pajak yang harus dibayar, apabila pembuatannya telat maka akan merugikan negara.
  6. Dapat dibandingkan baik dengan laporan akuntansi pajak tahun sebelumnya ataupun laporan yang lain yang memiliki asas dan dasar yang sama.
  7. Lengkap dan terperinci, tidak ada satupun yang terselip atau tidak dimasukan ke dalam akuntansi pajak.
Dengan beberapa syarat di atas. Maka Tujuan Akuntansi Pajak adalah  untuk mempermudah wajib pajak dalam menghitung, membayar, dan melaporkan pajak seperti mengisi SPT, menghitung Penghasilan kena pajak , PPN, PPnBM serta kita juga dapat mengetahui posisi keuangan dari hasil kegiatan usaha atau pekerjaan bebas.

baca juga Manfaat Akuntansi Pajak

atau kalian juga bisa cari artikel lainnya disini

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghitung Produktivitas Multifaktor

Cara menghitung produktivitas

Cara Mencari jalur kritis, Waktu Longgar, Perkiraan waktu Penyelesaian proyek